cak budi akan segera menghentikan aksi penggalangan dana dan menjual iphone serta fortunernya

 umum

foto cak budi dan istrinya

Sebuah akun instagram @cakbudi_ yang dikenal sering melakukan penggalangan dana untuk bantuan sosial. Nama Cak Budi sudah banyak dikenal sebagai seorang penggalang dana, ia pun sudah sering masuk televisi untuk sebuah cara talkshow dan membahas penggalangan dana yang ia lakukan.

kini Cak Budi sedang menghadapi sebuah masalah. Pasalnya ia dianggap tidak transparan dalam penggunaan dana hasil penggalangan dana tersebut.

Saat ini dana yang masuk ke rekening Cak Budi secara pribadi dan rekening di web kitabisa di halaman milik cak budi Kitabisa.com/cakbudi telah terkumpul kurang lebih 1,2 miliar dan belum disalurankan.

Masalah menjadi semakin rumit ketika Cak Budi diketahui telah melakukan tukar tambah smartphone yang ia gunakan dengan Iphone 7 dan telah membeli sebuah mobile Fortuner.

Cak Budi pun tidak mengelak jika dia telah menggunakan uang hasil donasi untuk pembelian sebuah iphone 7 dan mobil Fortuner, namun hal tersebut ia jelaskan sebagai sarana untuk menujang keperluan operasional. Berikut klarifikasi di halaman instagramnya.

Assalamualaikum, selamat pagi semua. Perkenankan Cak Budi untuk melanjutkan klarifikasi terkait transparansi penggalangan dana yang saya lakukan: 1. Cak Budi awalnya memang melakukan pengumpulan donasi ke rekening pribadi dan hanya melakukan pelaporan secara informal melalui instagram. 2. Untuk itu Cak Budi membuat juga halaman donasi di @kitabisacom (kitabisa.com/cakbudi) agar publik bisa melihat secara transparan donasi yg terkumpul dan laporan penyaluran yang juga terkirim ke email donatur. 3. Sebagai pihak ketiga dan penyedia sarana menggalang dana onilne, Kitabisa mengenakan biaya admin sebesar 5% dari total dana yang terkumpul untuk penggunaan platform mereka. 4. Terkait donasi terkumpul, Cak Budi menginformasikan bahwa ada donasi terkumpul senilai 1,2 milyar (560 juta donasi ke rekening pribadi, terlampir + 700 juta donasi ke halaman Kitabisa) YANG BELUM KAMI SALURKAN, sekali lagi belum disalurkan, bukan disalahgunakan. 5. Cak Budi berencana menggunakan dana untuk membuat rumah singgah untuk mbah-mbah yang tidak punya rumah. Lebih lengkapnya akan saya klarifikasi di post terpisah. 6. Cak Budi memutuskan untuk sementara menutup penerimaan donasi di Kitabisa dan menghimbau masayarakat untuk tidak donasi ke rekening pribadi saya agar kami bisa fokus menyalurkan dana yang belum digunakan tersebut. Setiap penyaluran akan selalu didokumentasikan di kitabisa.com/cakbudi dan ada google sheet yang menampilkan rincian pemasukan dan pengeluaran. 7. Hari Selasa besok (2/5) Cak Budi akan memposting rekening koran untuk transparansi lengkap penggunaan dana dari kegiatan Cak Budi. 8. Terkait hp, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk tukar tambah hp lama dengan iPhone 7 yang Cak Budi gunakan untuk mengambil foto & video dari para penerima hak dan lokasi yang dikunjungi (bukti terlampir). 9. Terkait mobil, betul bahwa Cak Budi menggunakan uang donasi untuk membeli mobil jenis Fortuner. Mobil ini dibutuhkan untuk menempuh jarak jauh dan menjangkau area2 pedalaman dan tidak Cak Budi gunakan untuk urusan pribadi. Saya dan istri memiliki mobil jenis Innova yang kami miliki sejak tahun 2004 untuk urusan pribadi. 10. Terkait hubungan dengan @lambe_turah

A post shared by Cak Budi (@cakbudi_) on

Selain itu halaman kita bisa cak budi akhirnya dibekukan untuk sementara oleh pengelola kitabisa, berikut penuturan Vikra Ijas (CEO kitabisa.com)

Saat ini Kitabisa.com juga telah menutup halaman penggalangan dana Kitabisa.com/cakbudi dan tengah berkoordinasi dengan Cak Budi perihal penyaluran dana melalui Aksi Cepat Tanggap, lembaga kemanusiaan global yang disepakati oleh Cak Budi

Tak ingin membuat masalah menjadi runyam, akhirnya cak budi memutuskan untuk menjual kembali iphone 7 dan fortuner yang telah ia beli. Ia pun meminta maaf kepada seluruh donator, karena telah mengambil keputusan tanpa berdiskusi dengan para donatur terlebih dahulu.

Dan berikut pernyataan cak budi tentang akan dijual kembali iphone 7, mobil fortuner serta ia akan menyalurkan seluruh dana yang telah ia kumpulkan ke lembaga amal berskala nasional. Selain itu ia pun menyebutkan jika ia akan berhenti melakukan penggalangan dana dan seluruh aksi sosial yang biasanya ia lakukan kini akan ia lakukan sendiri tanpa melakukan pengumpulan dana dari pihak lain.

cak budi akan jual kembali iphone 7 dan mobil fortuner

Assalamualaikum semua,

Cak Budi ingin mengucapkan terima kasih yang terdalam atas masukan dan saran yang diberikan oleh sahabat, khususnya para donatur.
Cak Budi juga ingin memohon maaf karena telah mengecewakan banyak pihak dengan cara dan keputusan penggunaan uang donasi, serta minimnya transparansi seputar hal ini.
Meski niat saya sepenuhnya untuk melancarkan kegiatan amal, saya paham bahwa tindakan ini tidak tepat karena tidak dikomunikasikan terlebih dahulu kepada donatur.
Atas kekhilafan ini saya sekali lagi memohon maaf.

Mohon izinkan Cak Budi melakukan introspeksi dan mempertanggungjawabkan amanah dari sahabat donatur dengan melakkukan hal berikut:

1. Kami akan MENJUAL SEGERA semua aset yang diperoleh dari uang donasi (1 unit iPhone 7 dan mobil Fortuner). 2. Dana hasil penjualan tersebut, beserta dana yang masih belum digunakan akan kami AMANAHKAN SELURUHNYA ke lembaga amal berskala nasional yang terpercaya seperti Dompet Dhuafa / Aksi Cepat Tanggap (sedang diputuskan)

3. Mulai hari ini, Cak Budi akan melanjutkan kegiatan bakti sosial TANPA melakukan pengumpulan donasi dari publik.

Terima kasih sekali lagi atas perhatian, masukan dan dukungan sahabat sekalian.

Sesungguhnya niatan Cak Budi hanya untuk kegiatan amal dan berbagi. Mohon bukakan pintu maaf atas tindak laku Cak Budi yang kurang berkenan di hati sahabat.
Semoga ini menjadi pelajaran agar Cak Budi dapat menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya.

Wassalam
Cak Budi / Lina

Bagikan ke teman: